KOMUNIKASI BISNIS
Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan dan informasi yang memiliki
tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol
atau sinyal.
Komunikasi
bisnis harus/ada melibatkan pertukaran informasi yang terus-menerus. Lebih
banyak bisnis diperluas, lebih besar tekanannya pada bisnis tersebut untuk
menemukan cara komunikasi yang lebih efektif – bersama para pekerja dan dengan
dunia di luar. Dengan demikian, bisnis dan komunikasi berjalan bergandengan
tangan.
Ada 3 tujuan utama dalam komunikasi bisnis yaitu: Memberi informasi,
persuasi, dan melakukan kolaborasi dengan pelanggan. Berikut penjelasannya.
Memberi Informasi (Informing)
Memberikan informasi seputar dunia bisnis terhadap pihak lain. Contoh, jika
seorang pimpinan perusahaan ingin memperoleh pegawai yang diharapkan, maka ia
akan memasang iklan melalui media.
Dalam hal ini terdapat kelebihan dan kekurangan pada setiap media, oleh
karena itu harus pintar-pintar memilih mana media yang paling tepat.
Memberi Persuasi (Persuading)
Persuasi diberikan kepada pihak lain agar apa yang disampaikan bisa
dipahami dengan benar. Hal seperti ini sering dilakukan terutama pada hubungan
akan penegasan konfirmasi pesanan pelanggan, dengan tujuan supaya kedua belah
pihak mendapatkan tidak ada yang dirugikan dan mendapatkan manfaatnya.
Melakukan Kolaborasi (Collaborating)
Bekerja sama dengan pihak lain atau yang biasa disebut dengan
kolaborasi ini memudahkan seseorang dalam melakukan kerja sama bisnis.
Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi, seseorang
bisa menggunakan berbagai macam media telekomunikasi seperti telepon seluler
dan media sosial dll. Teknologi komunikasi sangatlah penting untuk mempererat
dalam kerja sama bisnis.
Fungsi Komunikasi Bisnis
Adapun fungsi komunikasi
bisnis yaitu:
a. Memberi Informasi
Informasi sangat diperlukan pimpinan dan anggota organisasi guna merampungkan tiap-tiap tugas mereka. Informasi tersebut termasuk digunakan sebagai upaya organisasi untuk capai tujuan.
b. Pengendalian (Regulatory)
Komunikasi bisnis berguna sebagai pengatur dan pengendali organisasi. Komunikasi bisnis tersebut bisa berbentuk prosedur, perintah ketetapan dan laporan.
c. Memberi Persuasif
Dengan komunikasi, maka bakal lebih ringan untuk mengajak, mengikuti atau menggerakkan ide/gagasan atau tugas. Persuasi yang diberikan terhadap pihak lain supaya apa yang disampaikan bisa dimengerti bersama dengan baik. Hal ini kerap dikerjakan terlebih kala terkait bersama dengan penegasan konfirmasi pesanan pelanggan.
d. Integratif
Integratif berguna menjadikan organisasi atau perusahaan beroperasi secara utuh dan terpadu, termasuk didalamnya fungsi koordinasi dan penjadwalan aktivitas, penetapan saluran Info dan otoritas, dan juga menarik dan melatih para karyawan.
a. Memberi Informasi
Informasi sangat diperlukan pimpinan dan anggota organisasi guna merampungkan tiap-tiap tugas mereka. Informasi tersebut termasuk digunakan sebagai upaya organisasi untuk capai tujuan.
b. Pengendalian (Regulatory)
Komunikasi bisnis berguna sebagai pengatur dan pengendali organisasi. Komunikasi bisnis tersebut bisa berbentuk prosedur, perintah ketetapan dan laporan.
c. Memberi Persuasif
Dengan komunikasi, maka bakal lebih ringan untuk mengajak, mengikuti atau menggerakkan ide/gagasan atau tugas. Persuasi yang diberikan terhadap pihak lain supaya apa yang disampaikan bisa dimengerti bersama dengan baik. Hal ini kerap dikerjakan terlebih kala terkait bersama dengan penegasan konfirmasi pesanan pelanggan.
d. Integratif
Integratif berguna menjadikan organisasi atau perusahaan beroperasi secara utuh dan terpadu, termasuk didalamnya fungsi koordinasi dan penjadwalan aktivitas, penetapan saluran Info dan otoritas, dan juga menarik dan melatih para karyawan.
Unsur Komunikasi Bisnis
Dalam suatu komunikasi
bisnis terdapat 6 unsur utama, diantaranya seperti:
- Memiliki tujuan, bermakna komunikasi bisnis perlu
punya target yang udah ditetapkan pada mulanya seiring bersama dengan
target organisasi.
- Pertukaran, didalam hal ini melibatkan paling tidak
2 (dua) orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.
- Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan
isikan dari pesan yang bentuknya begitu banyak ragam terkait tujuan,
kondisi dan kondisinya.
- Menggunakan saluran personal atau impersonal yang
kemungkinan berbentuk tatap muka, memakai tempat tertentu atau melalui tempat
yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
- Menggunakan lambang atau sinyal yang merupakan alat
atau metode yang bisa dimengerti atau dimengerti oleh penerima untuk
mengemukakan pesan.
- Pencapaian target organisasi, tidak benar satu
karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari Info
adalah adanya target yang udah ditetapkan pada mulanya oleh manajemen.
Bentuk Komunikasi Bisnis
Menurut Djoko Purwanto,
bentuk atau pola komunikasi apat dikelompokkan menjadi saluran komunikasi formal
(formal communications channel) dan saluran komunikasi nonformal (informal
communications channel).
a. Saluran Komunikasi Formal
Dalam susunan organisasi garis, fungsional atau matriks, ini tentang bersama dengan proses penyampaian Info dari manajer ke bawahan atau sebaliknya, pola transformasi informasinya bisa berbentuk dari atas ke bawah atau bawah keatas (top down atau downward communications), komunikasi dari bawah ke atas (bottom-up atau upward communications), komunikasi horizontal (horizontal communicatons), dan komunikasi diagonal (diagonal communications).
b. Saluran Komunikasi Informal
Orang yang berada didalam suatu jaringan komunikasi informal tidak melihat jenjang hirarki, pangkat atau kedudukan, komunikasi ini bisa dikerjakan secara luas. Walaupun percakapan didalam komunikasi ini cuma berbentuk umum. Contohnya seperti mengobrol humor bersama dengan anak-anak, teman, keluarga atau termasuk mengupas berkenaan kondisi kerja terhadap organisasinya.
a. Saluran Komunikasi Formal
Dalam susunan organisasi garis, fungsional atau matriks, ini tentang bersama dengan proses penyampaian Info dari manajer ke bawahan atau sebaliknya, pola transformasi informasinya bisa berbentuk dari atas ke bawah atau bawah keatas (top down atau downward communications), komunikasi dari bawah ke atas (bottom-up atau upward communications), komunikasi horizontal (horizontal communicatons), dan komunikasi diagonal (diagonal communications).
b. Saluran Komunikasi Informal
Orang yang berada didalam suatu jaringan komunikasi informal tidak melihat jenjang hirarki, pangkat atau kedudukan, komunikasi ini bisa dikerjakan secara luas. Walaupun percakapan didalam komunikasi ini cuma berbentuk umum. Contohnya seperti mengobrol humor bersama dengan anak-anak, teman, keluarga atau termasuk mengupas berkenaan kondisi kerja terhadap organisasinya.
Contoh surat komplain konsumen
CV SEKAR MAJU JAYA
Jalan Raya
Soekarno-Hatta No. 123
Sekaran Gunungpati,
Semarang 50229 cp: 024-08768656
e-mail:
sekar.maju.jaya@gmail.com website:www.sekar.maju.jaya.co.id
_______________________________________________________
No : 040/HRD/SMJ/X/2013 10 Oktober
2013
Lamp : –
Hal : Komplain
Kepada ,
Yth. Bapak/Ibu Pimpinan
CV MUTIARA GROUP
Jalan Majapahit No. 231, Surabaya
Dengan hormat,
Kami selaku manajemen CV SEKAR MAJU
JAYA mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang selama ini terjalin. Namun
demi kepentingan bersama dengan surat ini kami ingin menyampaikan beberapa hal
berkenaan dengan bahan baku yang kami pesan dari perusahaan anda.
Bahan baku yang kami pesan sudah tiba
apda tanggal 8 oktober 2013 namun kondisi bahan baku berupa serat polyester
tidak sesuai dengan yang kami inginkan, dengan rician sebagai berikut:
Kemasan mengalami kerusakan sehingga
serat kotor.
Bahan baku yang dikirim tidak sesuai
dengan apa yang kami pesan
Bahan baku mengalami
keterlambatan.Kami berharap bahwa bahan baku tersebut segera diganti mengingat
proses produksi akan berhenti jika bahan baku tidak ada. Demikian surat ni kami
sampaikan dengan maksud agar dikemudian hari tidak terjadi hal yang sama.
Terima kasih atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu pimpinan perusahaan.
Hormat Kami,
CV SEKAR MAJU JAYA
Contoh surat tanggapan komplain
PT SEGAR ALAM ABADI
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4 Jl. Raya Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: info@segaralamabadi.com
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4 Jl. Raya Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: info@segaralamabadi.com
Bandung, 28 November 2016
Nomor
: 005/PTSAB/60/XI/2016
Perihal : Tanggapan Surat Pengaduan
Lampiran : –
Perihal : Tanggapan Surat Pengaduan
Lampiran : –
Yth.
Direktur Pengadaan Barang dan Jasa
PT Aman Damai Sejahtera
Up. Bapak Aryo Haryono Haris
Jalan Sukamaju Utara 5 No. 40B
Kota Bandung
Dengan hormat,
Direktur Pengadaan Barang dan Jasa
PT Aman Damai Sejahtera
Up. Bapak Aryo Haryono Haris
Jalan Sukamaju Utara 5 No. 40B
Kota Bandung
Dengan hormat,
Menanggapi surat pengaduan yang Bapak kirimkan
mengenai ketidaksesuaian pengiriman barang yang perusahaan Bapak pesan
dengan yang kami kirimkan, setelah kami melakukan pengecekan ulang, kesalahan
pengiriman tersebut berada pada pekerja-pekerja kami yang kurang teliti.
Seperti yang telah Bapak sebutkan bahwa tidak ada unsur kesengajaan dalam
pengadaan jumlah pesanan tersebut, melainkan kelalaian para pekerja
kami semata-mata. Kami memohon maaf atas kesalahan ini dan
terima kasih atas kritik serta pemberitahuannya. Semua itu akan kami gunakan
untuk lebih memacu diri guna menghasilkan produk terbaik yang dapat kami
lakukan. Kami berjanji sebisa mungkin kejadian ini merupakan yang pertama
dan terakhir bagi kami.
Kami akan segera memperbaiki kesalahan ini dengan mengirimkan
kekurangan jumlah pesanan Bapak dalam waktu 2 x 24 jam
setelah surat ini Bapak terima. Dan semua biaya pengiriman kembali
sepenuhnya menjadi tanggung jawab kami.
Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak, kami
ucapkan terima kasih dan semoga kejadian ini tidak memengaruhi hubungan kerja
sama kita ke depannya.
Hormat kami,
Direktur Pemasaran PT. Segar Alam Abadi
Farhan Wardoyo Hadi, S.Sos, MM
Contoh surat komunikasi mengenai pajak
PT. SEGAR ALAM ABADI
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4 Jl. Raya Wangi Teh
Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: info@segaralamabadi.com
SURAT KUASA No. 18/SKu/PSAB/VIII/16
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Doni Eko Hariawan
Jabatan : Direktur Utama PT. Segar Alam Abadi
Alamat : Jl. Teratai No.30 Bandung
No. KTP/SIM : 3173082810780016No. Telp/HP : 0849068392229
Dengan ini memberikan kuasa kepada:
Nama : Mieska Kariniah
Jabatan : Sekretaris Direktur PT. Segar Alam Abadi
Alamat : Jl. Jaringan 3 No. 109 Bandung
No. KTP/SIM : 3273145804956990No. Telp/HP : 0897634560099
Untuk membantu dan mewakili perusahaan dalam kepengurusan
registrasi e
-filling pajakperusahaan di Kantor Pajak Pratama Bandung Pusat,
Jalan Elang Raya Utama No. 1 Bandung.
Demikianlah surat kuasa ini dibuat agar dapat dipergunakan
sebenarnya dan sebagaimanamestinya.
Bandung, 20 Agustus 2016
Penerima Kuasa Pemberi
Kuasa
Mieska Kariniah Doni Eko
Hariawan
Contoh
surat permintaan dana
KELOMPOK USAHA
BERSAMA (KUBE) PKK-WRSE
“MUGI BERKAH”
Desa
Kedungpanjang Purworego Purworejo
Sekreatriat : Desa
Sitepen RT 01 RW 03 Kec. Purwojati Kab. Blitar 53181 ' 089723234654
Nomor
:01/KUBE/MUGIBERKAH./I/2014
Purwojati, 12 Desember 2014
Lampiran
: 1 (satu) bendel
Hal
: Permohonan Bantuan Dana KUBE PKK WRSE
Kepada Yth.
Bapak Gubernur Jawa Timur
Di
Semarang
Dengan hormat
Sesuai dengan program pemerintah yang berencana meningkatkan kualitas masyarakat dengan kegiatan usaha kreatif dalam bentuk UKM, maka kami selaku pengurus Kelompok Usaha Bersama ( KUBE ) Mugi Lancar, yang bertempat di Desa Sitapen RT 01 / 03 Kecamatan Purwojati dengan ini mengajukan bantuan modal usaha untuk kegiatan usaha kami yang mana rencana anggaran biaya membutuhkan dana sekitar Rp. 50.000.000,- ( Lima Puluh Juta Rupiah ) untuk usaha penggemukan sapi potong. Adapun modal yang telah ada dari kas KUBE sekitar Rp. 15.000.000,- ( Lima Belas Juta Rupiah ) sehingga masih terdapat kekurangan sekitar Rp. 35..000.000,- ( Tiga puluh lima juta rupiah ). Adapun rincian RAB terlampir kami sampaikan.
Sesuai dengan program pemerintah yang berencana meningkatkan kualitas masyarakat dengan kegiatan usaha kreatif dalam bentuk UKM, maka kami selaku pengurus Kelompok Usaha Bersama ( KUBE ) Mugi Lancar, yang bertempat di Desa Sitapen RT 01 / 03 Kecamatan Purwojati dengan ini mengajukan bantuan modal usaha untuk kegiatan usaha kami yang mana rencana anggaran biaya membutuhkan dana sekitar Rp. 50.000.000,- ( Lima Puluh Juta Rupiah ) untuk usaha penggemukan sapi potong. Adapun modal yang telah ada dari kas KUBE sekitar Rp. 15.000.000,- ( Lima Belas Juta Rupiah ) sehingga masih terdapat kekurangan sekitar Rp. 35..000.000,- ( Tiga puluh lima juta rupiah ). Adapun rincian RAB terlampir kami sampaikan.
Sebagai bahan pertimbangan , kami lampirkan
pula :
1.
Proposal Usaha KUBE
2.
Surat Keputusan Kepala Desa Kedungpanjang
tentang pembentukan kelompok usaha bersama KUBE PKK WRSE
3.
Susunan Pengurus KUBE
4.
Foto Copy KTP
5.
Rencana Anggaran Biaya ( RAB)
Demikian
permohonan ini kami sampaikan. Atas segala perhatian dan bantuannya kami
sampaikan terima kasih.
Kepala Desa Sitapen
Sukarman
Contoh surat complain kepada supplier
SURAT KOMPLAIN
KETERLAMBATAN PENGIRIMAN BARANG
Cilacap, 25Juni 2014
Nomor : 14/PT-MI/KKPB/II/2014 Perihal : Komplain Keterlambatan Pengiriman Barang Kepada, Yth. Manager Pemasaran PT. POKOK’E KUAT Jln. Tempelan No. 76 Cilacap Dengan hormat, Kami memberitahukan pada Anda bahwa barang-barang pesanan kami tidak tiba dalam waktu yang telah disepakati sebelumnya. Dalam surat Anda nomor 178/PT-KJ/PB/III/2014 tertanggal 20 Mei 2014 barang-barang pesanan kami akan datang selambat-lambatnya tanggal 20 Juni 2014. Pada kenyataannya, barang-barang pesanan kami tersebut baru tiba pada tanggal 24 Juni. Artinya, pengiriman barang-barang pesanan kami terlambat 5 hari dari tanggal yang telah ditetapkan dalam surat Anda. Keterlambatan ini tentunya berdampak besar bagi perusahaan kami karena pelanggan kami menyatakan untuk mengalihkan kerja samanya dengan perusahaan lain. Hal seperti ini adalah kerugian besar bagi kami. Tentunya keterlambatan seperti ini tidak kami harapkan terulang di masa depan karena jika Anda tidak dapat menepati perjanjian lagi maka dengan berat hati kami harus mencari perusahaan lain sebagai mitra bisnis kami. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih. Hormat kami, Nurdin Agus
Manager Pemasaran PT. MEBEL APIK
|
Ketua
Kube
Yanti
|
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar