Sabtu, 25 November 2017

Tugas 6 KWU



Kelompok : Nicky Carissa Putri
                   Vika Novalinda
                   Putri Agustiani
                   Muhammad Rizky





BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Tahun 2016 menjadikan momen sejarah paling penting untuk para pengusaha bidang manufaktur karena pada tahun itulah titik mode outer dan scarf  berkembang.  Merebaknya fashion dikalangan wanita mulai dari anak-anak sampai dewasa merupakan suatu peluang usaha yang baru. Seiring berkembangnya zaman,masyarakat menjadi semakin modern dan memilih fashion yang unik, karena fashion merupakan salah satu bidang yang diminati oleh setiap orang. Fashion bukan lagi menjadi sebuah pilihan melainkan sudah menjadi sebuah kewajiban bagi seluruh kalangan.
Usaha outer dan scarf merupakan bisnis yang memiliki prospek cerah. Hal ini didasarkan pada semakin berkembangnya dan tingginya kebutuhan masyarakat terutama kaum wanita terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan penampilan ( fashion ), sangat teliti dalam memilih busana.
Namun terkadang model dan desain yang ditawarkan kurang bervariasi ataupun terlalu banyak pernak pernik yang digunakan membuat sebagian wanita  merasa malu dan cenderung tidak percaya diri memakainya. Tetapi apabila telah disediakan produk outer dan scarf  dengan beraneka motif dan warna, serta dilengkapi dengan model-model yang lebih bervariasi  maupun cara pakainya, pasti akan lebih menarik perhatian para wanita.
Bisnis outer dan scarf  tidak bisa dianggap remeh, sudah banyak contoh pebisnis bidang manufaktur yang sukses karena fokus dan tekun mendalami bisnis ini. Melihat peluang ini Ououtedeh Store hadir untuk memberikan pilihan produk-produk outer dan scarf yang lebih bervariasi dan trendi . Daerah pemasaran produk  adalah di wilayah Bekasi, yang dipasarkan secara Offline dan Online melalui media sosial.

Fashion outer dan scarf yang kami tawarkan berupa outer motif dan scarf motif.  Menggunakan pilihan bahan satin dan sifon berkualitas, nyaman dipakai, memiliki terktur bahan yang halus dan lembut, tidak panas ketika dipakai serta harganya terjangkau. Menawarkan outer dan scarf  motif, Ououtedeh Store berharap dapat menjadi produsen outer dan scarf  yang dipercaya dan diminati oleh wanita Indonesia agar lebih percaya diri dalam berpenampilan.

1.2 Visi dan Misi
Visi
Menjadi perusahaan fashion outer dan scarf ternama di Indonesia yang up to date serta memberikan warna dan gaya dalam berpenampilan
Misi
1.      Memproduksi outer dan scarf yang berbeda dari pesaing dengan adanya motif yang bervariasi dan warna-warna yang dipadu padankan.
2.      Melakukan promosi melalui media cetak maupun media sosial untuk menarik konsumen.
3.      Selalu memperluas area distribusi pemasaran dan juga memasarkan  produk outer dan scarf di tempat-tempat yang mudah diperoleh  konsumen di Indonesia.




1.3  Data Perusahaan
Profile Ououtedeh Store  dapat dilihat pada Tabel 1.1
Tabel 1.1
Profile Ououtedeh Store        
1
Nama Perusahaan
Ououtedeh
2
Bidang Usaha
Manufaktur
3
Produk Usaha
Outer dan Scarf
4
Alamat perusahaan
Jl. Kayu Tinggi No. 72, Jakarta Timur
5
No telepon
021-548 9238
6
Website
Instagram / twiter
Facebook
@Ououtedeh.Store
Ououtedeh Store
7.
Tahun berdiri
2017 
1.4 Data Karyawan
Profile karyawan Ououtedeh Store dapat dilihta pada Tabel 1.2
Tabel 1.2
Profile karyawan Ououtedeh Store
1
Nama
Vika Novalinda
2
Tempat, Tanggal Lahir
Jakarta, 08 November 1997
3
Alamat
Jl. Kayu Tinggi, Jakarta
4
Status
Lajang
5
No Telepon
0822 3333 1111
6
Jabatan
CEO


1
Nama
Muhammad Rizky Aulia
2
Tempat, Tanggal Lahir
Jakarta, 03 Januari 1997
3
Alamat
Galaxy
4
Status
Lajang
5
No Telepon
0812 0000 7777
6
Jabatan
Manager Pemasaran

1
Nama
Putri Agustiani Mutia
2
Tempat, Tanggal Lahir
Jakarta, 27 Maret 1997
3
Alamat
Wisma Asri
4
Status
Lajang
5
No Telepon
0822 4444 5555
6
Jabatan
Manager Produksi

1
Nama
Nicky Carissa Putri
2
Tempat, Tanggal Lahir
Jakarta, 22 februari  1997
3
Alamat
Permata Hijau
4
Status
Lajang
5
No Telepon
0823 3333 2222
6
Jabatan
Manager Keuangan





BAB II
ANALISIS PASAR


2.1  Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran pada Ououtedeh Store berdasarkan Product, Price, Place, and Promotion  (4P) adalah sebagai berikut :
1.      PRODUCT ( PRODUK )
a Contoh Produk dan pemakaian dapat dilihat pada Gambar 2.1
Description: Hasil gambar untuk scarf motifDescription: http://jessacollection.com/mobile/media/images/large/Alice_Rose_Outer_3_Rp68000.jpgDescription: http://jessacollection.com/mobile/media/images/large/Alice_Rose_Outer_2_Rp68000.jpg


Gambar 2.1 Contoh Produk dan Pemakaian

Produk yang ditawarkan oleh Ououtedeh  Store terdiri dari :

·         Type                :  Outer dan Scarf  bermotif
·         Brand              :  Ououtedeh
·         Quality            :  Menggunakan bahan-bahan yang halus dan lembut,
                           nyaman dan tidak panas ketika dipakai
·         Packing           :  Dikemas dalam plastik pakaian
·         Design             :  Ditentukan oleh perusahaan


2.      PRICE ( HARGA )
Harga yang ditawarkan terdiri dari dua tingkatan harga
1.      Price List         : 
1.      Outer  motif                                            Rp.     78.000,-
2.      Scarf  motif                                             Rp.     48.000,-


3.      PLACE ( TEMPAT )
Wilayah pemasaran mencakup seluruh Indonesia yang dapat dilakukan secara Online dan Offline pada toko kami yang terletak di Jl. Kayu Tinggi No. 72 Jakarta Timur

4.      PROMOTION ( PROMOSI )
1.      Event/pameran    :  Mengikuti Event/pameran yang diselenggarakan
                                  oleh
pemerintah maupun UKM
2.      Advertising           :  a.   Promosi melalui media cetak seperti brosur, dan
                                      poster
 b. Promosi melalui media sosial seperti Instagram
       dan Website
            
2.2      Segmentasi Pasar
            Segmentasi pasar Ououtedeh Store dibagi menjadi :
1.      Segmentasi Pasar Berdasarkan Geografi
Produk Ououtedeh Store dipasarkan secara langsung di toko dan media sosial secara Online yang akan menjangkau seluruh daerah di Indonesia.
2.      Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi
Produk Ououtedeh Store memilki target konsumennya adalah wanita dengan usia remaja hingga dewasa
3.      Segmentasi  Pasar Berdasarkan Psikografi
Hal ini ditujukan untuk para wanita yang ingin terlihat modis dengan model Outer dan Scarf  motif yang terbaru

2.3  Analisis SWOT dan TOWS
            SWOT adalah sebuah cara menganalisa suatu permasalahan dari 4 sudut berbeda yang terbagi dari 2 aspek, yaitu aspek internal dan aspek eksternal. SWOT adalah singkatan dari bahasa inggris dari Strengths ( kekuatan ), Weakness ( Kelemahan ), Opportunities ( Peluang), Threats (Ancaman). SWOT  Ououtedeh Store  adalah sebagai berikut :
a.       Strength (Kekuatan)
1.    Memiliki konveksi sendiri sehingga dapat menekan biaya produksi dan mempermudah mengontrol kualitas produk. 
2.            Ououtedeh Store menjual secara grosir dan retail dengan harga dan kualitas yang baik.
3.     Mempunyai harga yang terbilang terjangkau tetapi secara kualitas dapat menyaingi brands ternama.
4.      Outer dan Scarf  terbuat dari bahan yang berkulitas, nyaman ketika dipakai, tekstur bahan halus dan lembut, serta  tidak panas ketika dipakai
5.      Outer dan Scarf  memiliki motif yang bervariasi dan menarik  serta produk selalu diperbarui  setiap minggunya

b.      Weaknesses (kelemahan)
1.  Usaha produksi Outer dan Scarf  sudah sangat banyak di setiap wilayah dengan model terbarunya masing-masing,
2.      Konveksi yang dimiliki masih relatif kecil sehingga belum bisa memproduksi Outer dan Scarf  dalam jumlah banyak dengan jangka waktu pendek
3.        Motif  Outer dan Scarf  tidak bisa ditentukan sesuai keinginan  konsumen




c.       Opportunities (peluang)
1.      Indonesia merupakan negara dengan penduduk wanita  terbesar .
2.     Adanya media internet sangat membantu perusahaan dalam berpromosi dengan biaya murah dan tanpa batas wilayah.
3.      Permintaan pasar tinggi akan model Outer dan Scarf  dengan model kreasi yang baru.
4.   Produk  bersifat umum dan telah disukai masyarakat, sehingga bisa bertahan dan dijalankan kapan saja

d.      Threats (ancaman)
1.   Harga bahan-bahan yang tiba-tiba naik sehingga berpengaruh pula pada biaya produksi dan harga jual tentunya.
2.      Luasnya peluang bisnis bidang manufaktur, menjadikan salah satu bisnis yang dilirik oleh banyak pihak penjual.
3.      Perekonomian tidak stabil membuat Ououtedeh Store mengurangi jumlah produksinya.
4.     Pesaing dapat bekerja sama dengan artis untuk mempromosikan produknya ke masyarakat luas.




TOWS adalah pemikiran akan hal-hal yang dapat atau hal yang lebih dinamis yaitu faktor eksternal terlebih dahulu baru diikuti dengan faktor internal, cara ini diyakini akan menghasilkan peluang dan dapat mengantisipasi segala ancaman yang akan datang. TOWS Ououtedeh Store adalah sebagai berikut :
a.      Strength-Opportunities
1.     Meningkatkan kapasitas produksi untuk  mengantisipasi meningkatnya permintaan
2.    Memperluas wilayah pemasaran agar muslimah di Indonesia dapat dengan mudah membeli produk dari Ououtedeh Store
3. Melakukan pengawasan terhadap perkembangan mode sehingga Ououtedeh Store dapat menyesuaikan produk dengan perkembangan zaman

b.      Weaknesess-Opportunities
1.      Melakukan peminjaman modal untuk meningkatkan kapasitas produksi
2.      Melakukan promosi dan inovasi yang gencar agar masyarakat dapat mengenal Outer dan Scarf dari Ooutedeh Store
  1. Melakukan pengecekan identitas calon pembeli, untuk meminimalisir kerugian yang mungkin akan terjadi
  2. Mengikuti kegiatan peragaan fashion untuk  menambah inspirasi
c.       Strenghts- Threats
1.      Menambah model dan ciri khas pada produk  Ououtedeh Store
2.      Mempertahankan kualitas produk Ououtedeh Store
3.      Menciptakan produk yang baru secara berkala

d.      Weaknesess-Threats
1.      Meningkatkan kretivitas kerja karyawan
2.      Mencantumkan informasi yang jelas mengenai sistem pemesanan
3.      Memberikan informasi yang jelas mengenai eksistensi perusahaan
Tabel SWOT dan TOWS dapat dilihat pada Tabel 2.1

Tabel 2.1

SWOT dan TOWS Ououtedeh Store


 
SWOT / TOWS
STRENGHTS
WEAKNESESS

FAKTOR
INTERNAL

FAKTOR
EKSTERNAL
1.      Harga terjangkau
2.      Outer dan Scarf terbuat dari bahan yang berkulitas
3.      Outer dan Scarf  memiliki motif yang bervariasi
1.      Konveksi yang dimiliki masih relatif kecil
2.      Motif tidak bisa ditentukan sendiri
OPPORTUNITIES
S – O
W – O
1.      Indonesia merupakan Negara dengan penduduk wanita terbesar.
2.      Permintaan pasar tinggi
3.      Produk  bersifat umum dan telah disukai masyarakat
1.      Meningkatkan kapasitas produksi
2.      Memperluas wilayah pemasaran
3.      Melakukan pengawasan terhadap perkembangan mode
1.      Melakukan peminjaman modal
2.      Melakukan pengecekan identitas
3.      Membuka toko di berbagai daerah
THREATS
S – T
W- T
1.      Harga bahan-bahan yang tiba-tiba naik
2.      Luasnya peluang bisnis manufaktur
3.      Perekonomian tidak stabil.
1.      Menambah model dan ciri khas pada produk
2.      Menciptakan produk yang baru
1.      Meningkatkan kretivitas kerja
2.      Mencantumkan informasi yang jelas




ANALISIS PRODUK



3.1 Bahan Pembuatan Produk

1.      Bahan Baku
a.       Description: http://jessacollection.com/mobile/media/images/large/Claramell_Outer_2_Rp69000.jpgKain Satin
Description: http://jessacollection.com/mobile/media/images/large/Alice_Rose_Outer_3_Rp68000.jpgSatin adalah jenis kain yang ditenun dengan menggunakan teknik serat filamen sehingga memiliki ciri khas permukaan yang an yang mengkilap dan licin hanya di salah satu sisi dari permukaannya. Karena bahannya yang mengkilap, Satin memiliki kelebihan yang akan membuat kesan mewah ketika dipakai . kain satin memiliki tesktur yang halus, dingin, nyaman, dan mampu menyerap keringat.
b.      Description: Hasil gambar untuk scarf motifKain  Silk Chiffon ( Sifon )
 Silk Chiffon, merupakan jenis sifon yang paling sering dipakai untuk gaun pesta,  juga kerudung atau scarf. Bahan ini dikagumi karena bahan atau  penampilannya ringan, lembut, dan luwes dalam mengikuti gerak tubuh.
2.      Bahan Penolong
a.       Manik-Manik, digunakan sebagai hiasan outer dan scarf agar terlihat lebih menarik.
b.      Plastik, digunakan untuk mengemas outer dan scarf yang telah dibeli agar bersih dan tidak rusak.

3.      Peralatan
a.       Mesin Jahit, digunakan untuk menjahit atau merapihkan bagian pinggir outer  dan scarf.
b.      Benang, digunakan untuk menyatukan dan merapihkan bahan pembuatan outer dan scarf
c.       Gunting Jahit, digunakan untuk memotong bahan yang telah dibuat pola outer  dan scarf sesuai ukuran yang telah ditentukan.

3.2 Proses Pembuatan

1.      Siapkan kain satin dan sifon bermotif  serta alat-alat yang digunakan untuk membuat outer dan scarf seperti jarum, benang, gunting, mesin jahit
2.      Buat pola sesuai ukuran yang telah ditentukan pada kain satin dan sifon ( untuk outer ukuran LD : 140cm Length : 56cm,  dan scarf ukuran 30 x 150 cm )
3.      Lalu gunting kain satin dan sifon motif  sesuai pola yang telah
4.      Kemudian jahit bagian pinggir kain satin dan sifon motif yang telah digunting sesuai ukuran dan pola  agar rapi
5.      Tambahkan manik-manik sesuai selera anda agar terlihat lebih menarik




BAB IV
ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA


4.1 Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Ououtedeh Store  dapat dilihat pada Gambar 4.1










Gambar 4.1
Struktur Organisasi Ououtedeh Store


4.2  Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia
Analisis kopetensi sumber daya manusia Ououtedeh Store  dapat dilihat dalam Tabel 4.1
Tabel 4.1
Analisis Kopetensi Sumber Daya Manusia Ououtedeh Store
PENDIDIKAN 
JUMLAH
BAGIAN DEPARTEMEN
JUMLAH
SD
-
CEO
1
SMP
-
MANAJEMEN
0
SMA
-
PRODUKSI
1
D3
4
PEMASARAN
1
S1/S2/S3
-
KEUANGAN
1

Ø  Keunggulan dan kopetensi SDM
a.       CEO
Adalah jabatan tertinggi disuatu perusahaan dan mempunyai tugas untuk memimpin suatu perusahaan dan bertanggung jawab untuk kestabilan perusahaan.
b.      Manager Pemasaran
Adalah jabatan yang mampu memperkenalkan, mempromosikan suatu barang atau jasadari perusahaan untuk diperkenalkan pada konsumen secara langsung maupun tidak langsung.
c.       Manager Produksi
Adalah jabatan yang mampu menciptakan ide-ide kreatif untuk mampu menciptakan barang atau jasa agar konsumen tertarik dengan produk dari suatu perusahaan
d.      Manager Keuangan
Adalah jabatan yang mampu mencatat, mengontrol semua transaksi atau kegiatan yang terjadi di dalam perusahaan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar