1.
Luwak
white coffe
Kopi putih menggunakan jenis
kopi yang sama dengan kopi hitam biasanya dimulai dari Robusta dan biji kopi
Arabika, yang membedakan adalah proses dan teknologinya .Hal serupa juga
dijelaskan dalam blog resmi merek Luwak White Koffie yang menyatakan bahwa kopi
putih diproduksi dengan mesin berteknologi cold drying dari Jepang yaitu
melalui proses pembekuan atau pendinginan hingga -40 derajat Celcius yang mampu
menghilangkan asam gastrik penyebab nyeri lambung hingga 80% namun kafein masih
tetap bisa dipertahankan 100% (blog.kopiluwak.org,2010). Terkait dengan konsep
pemasaran, peneliti melihat bahwa perusahaan berusaha memenuhi nilai konsumen
dengan menawarkan kopi yang aman untuk dikonsumsi melalui inovasi kopi putih
dalam kemasan instan. Luwak White Koffie adalah salah satu produk convenience
goods yang saat ini sedang berupaya meningkatkan brand awareness produknya
melalui media iklan televisi.
Pernahkah Anda mendengar merek Luwak White Koffie? Saya rasa Anda tahu.
Bagaimana tidak, merek ini diluncurkan ke pasaran melalui strategi above the line, yaitu iklan
televisi komersial yang ditayangkan di berbagai stasiun televisi swasta
nasional. Dalam iklannya, Luwak White Koffie selalu menampilkan para selebriti
yang memuji kenikmatan kopi luwak. Kata-kata yang terlontar dari
selebriti-selebriti ternama pada iklan tersebut, misalnya Lee Min Hou, Rianti
Cartwright, Yasmine Wildblood atau Carissa Puteri, selalu sama. Yaitu, “kopi
nikmat tidak bikin kembung”. Ya, itulah positioning yang ingin disampaikan oleh
kopi luwak. Kopi luwak merupakan kopi yang aman dikonsumsi sekalipun orang yang
mengkonsumsi memilki masalah pada lambungnya. Itulah kelebihan produk yang
ingin ditanamkan di benak masyarakat.
Keunggulan lain dari kopi luwak ini adalah imagenya sebagai kopi premium
tapi tetap bisa dinikmati oleh siapa pun karena harganya yang terjangkau.
Berdasarkan data yang
diperoleh dari lembaga survey di Indonesia, Luwak White Koffie mendapatkan
peringkat pertama sebagai Top Brand dalam kategori white coffee. 3 Universitas
Kristen Maranatha Survey ini dilakukan oleh sebuah lembaga riset dan survey di
Indonesia yang dapat membantu mengetahui hasil kinerja suatu perusahaan, yang
diselenggarakan oleh Top Brand Award. Top Brand Award adalah sebuah lembaga
survey yang dilaksanakan oleh Frontier Consulting Group.
Berikut ini adalah data peringkat top brand dalam
kategori produk white coffee:
Tabel 1.1 Data Top Brand
Index produk white coffee di Indonesia tahun 2014
Katagori White Coffe
|
TBI
|
TOP
|
Luwak White Coffe
|
74,4%
|
TOP
|
Kopiko White Coffe
|
7,1%
|
|
Kapal Api White Coffe
|
6,5%
|
|
TOP White Coffe
|
5,2%
|
|
ABC White Coffe
|
4,2%
|
Berikut merupakan salah satu contoh iklan white coffe:
2.
Aqua
AQUA merupakan
air kemasan yang sehat. Hidup sehat merupakan kebanyakan masyarakat yang aktif. Aqua menjadi salah satu ikon air mineral yang sangat terkenal di dunia. Air mineral seperti aqua memiliki perbedaan dengan jenis air
minum dalam kemasan yang dikeluarkan dengan beberapa nama yang berbeda. Air
mineral aqua diambil langsung dari sumber mata air pegunungan dengan proses
yang higienis. Pengolahan dengan berbagai jenis perlengkapan canggih akan
membuat air mineral aqua mengandung berbagai jenis mineral yang sangat baik
untuk tubuh.
Ketika
menonton televisi, selain fokus pada acara yang sedang diputar, kebiasaan lain saya
adalah memperhatikan iklan-iklan produk. Yang paling menyita perhatian terutama iklan
yang bersifat mendidik, informatif dan tentunya kreatif.
Berikut ini bahasa yang menarik, mengedukasi dan informatif dari iklan Aqua yang
berhasil di rangkum:
Kurang minum menurunkan
konsentrasi dan fokus. Begitu bahasa iklan Aqua di televisi
yang tentunya semua orang setuju dengan pernyataan itu. Ini berdasarkan uji
klinis, jika kurang cairan kerja otak jadi terganggu. Ketahuilah bahwa 80%
tubuh kita mengandung air.
yang tentunya semua orang setuju dengan pernyataan itu. Ini berdasarkan uji
klinis, jika kurang cairan kerja otak jadi terganggu. Ketahuilah bahwa 80%
tubuh kita mengandung air.
Kita tentu
merasakan ketidak nyamanan ketika kekurangan cairan, jadi cukupi kebutuhan cairan
Anda sekarang. Caranya dengan mengkonsumsi air putih setidaknya 1,5 liter/hari,
maksimal 5% dari berat badan Anda.
merasakan ketidak nyamanan ketika kekurangan cairan, jadi cukupi kebutuhan cairan
Anda sekarang. Caranya dengan mengkonsumsi air putih setidaknya 1,5 liter/hari,
maksimal 5% dari berat badan Anda.
Berikut merupakan salah satu contoh iklan Aqua :
3.
Frisian flag
PT Frisian Flag Indonesia (FFI) adalah produsen
produk-produk nutrisi berbasis susu untuk anak-anak di Indonesia dengan merek
Frisian Flag, yang juga dikenal sebagai Susu Bendera. Frisian Flag telah
menjadi bagian dari pertumbuhan keluarga Indonesia selama lebih dari 95 tahun.
Selama itu pula, Frisian Flag selalu memberikan komitmennya untuk terus
berkontribusi membantu anak-anak Indonesia meraih potensinya yang tertinggi,
melalui produk-produk bernutrisi tepat.
Frisian flag ini memasarkan produknya melalui iklan di televisi untuk
mempengaruhi konsumen agar membeli produk frisian flag ini.
Berikut merupakan salah satu contoh iklan frisian flag :
Sumber :
Aqua
http://bejanakehidupan.com/aqua-kembali-hadirkan-iklan-kreatif-dan-mengedukasi/
http://sarinnisar.blogspot.co.id/2015/09/iklan-aqua.html
https://www.frisianflag.com/perusahaan-kami/tentang-kami
Tidak ada komentar:
Posting Komentar