Jumat, 25 Mei 2018

Tugas Komunikasi Bisnis "4" (Iklan)

    1.   Luwak white coffe

Kopi putih menggunakan jenis kopi yang sama dengan kopi hitam biasanya dimulai dari Robusta dan biji kopi Arabika, yang membedakan adalah proses dan teknologinya .Hal serupa juga dijelaskan dalam blog resmi merek Luwak White Koffie yang menyatakan bahwa kopi putih diproduksi dengan mesin berteknologi cold drying dari Jepang yaitu melalui proses pembekuan atau pendinginan hingga -40 derajat Celcius yang mampu menghilangkan asam gastrik penyebab nyeri lambung hingga 80% namun kafein masih tetap bisa dipertahankan 100% (blog.kopiluwak.org,2010). Terkait dengan konsep pemasaran, peneliti melihat bahwa perusahaan berusaha memenuhi nilai konsumen dengan menawarkan kopi yang aman untuk dikonsumsi melalui inovasi kopi putih dalam kemasan instan. Luwak White Koffie adalah salah satu produk convenience goods yang saat ini sedang berupaya meningkatkan brand awareness produknya melalui media iklan televisi.
Pernahkah Anda mendengar merek Luwak White Koffie? Saya rasa Anda tahu. Bagaimana tidak, merek ini diluncurkan ke pasaran melalui strategi above the line, yaitu iklan televisi komersial yang ditayangkan di berbagai stasiun televisi swasta nasional. Dalam iklannya, Luwak White Koffie selalu menampilkan para selebriti yang memuji kenikmatan kopi luwak. Kata-kata yang terlontar dari selebriti-selebriti ternama pada iklan tersebut, misalnya Lee Min Hou, Rianti Cartwright, Yasmine Wildblood atau Carissa Puteri, selalu sama. Yaitu, “kopi nikmat tidak bikin kembung”. Ya, itulah positioning yang ingin disampaikan oleh kopi luwak. Kopi luwak merupakan kopi yang aman dikonsumsi sekalipun orang yang mengkonsumsi memilki masalah pada lambungnya. Itulah kelebihan produk yang ingin ditanamkan di benak masyarakat.
Keunggulan lain dari kopi luwak ini adalah imagenya sebagai kopi premium tapi tetap bisa dinikmati oleh siapa pun karena harganya yang terjangkau.


Berdasarkan data yang diperoleh dari lembaga survey di Indonesia, Luwak White Koffie mendapatkan peringkat pertama sebagai Top Brand dalam kategori white coffee. 3 Universitas Kristen Maranatha Survey ini dilakukan oleh sebuah lembaga riset dan survey di Indonesia yang dapat membantu mengetahui hasil kinerja suatu perusahaan, yang diselenggarakan oleh Top Brand Award. Top Brand Award adalah sebuah lembaga survey yang dilaksanakan oleh Frontier Consulting Group.
Berikut ini adalah data peringkat top brand dalam kategori produk white coffee:


Tabel 1.1 Data Top Brand Index produk white coffee di Indonesia tahun 2014
Katagori White Coffe
                     TBI
                  TOP
Luwak White Coffe
                  74,4%
                  TOP
Kopiko White Coffe
                  7,1%

Kapal Api White Coffe
                  6,5%

TOP White Coffe
                  5,2%

ABC White Coffe
                  4,2%



Berikut merupakan salah satu contoh iklan white coffe:



      2.   Aqua


AQUA merupakan air kemasan yang sehat. Hidup sehat merupakan kebanyakan masyarakat yang aktif. Aqua menjadi salah satu ikon air mineral yang sangat terkenal di dunia. Air mineral seperti aqua memiliki perbedaan dengan jenis air minum dalam kemasan yang dikeluarkan dengan beberapa nama yang berbeda. Air mineral aqua diambil langsung dari sumber mata air pegunungan dengan proses yang higienis. Pengolahan dengan berbagai jenis perlengkapan canggih akan membuat air mineral aqua mengandung berbagai jenis mineral yang sangat baik untuk tubuh.
Ketika menonton televisi, selain fokus pada acara yang sedang diputar, kebiasaan lain saya adalah memperhatikan iklan-iklan produk. Yang paling menyita perhatian terutama iklan yang bersifat mendidik, informatif dan tentunya kreatif.
Berikut ini bahasa yang menarik, mengedukasi dan informatif dari iklan Aqua yang berhasil di rangkum:

     Kurang minum menurunkan konsentrasi dan fokus. Begitu bahasa iklan Aqua di televisi
yang tentunya semua orang setuju dengan pernyataan itu. Ini berdasarkan uji
klinis, jika kurang cairan kerja otak jadi terganggu. Ketahuilah bahwa 80%
tubuh kita mengandung air.
Kita tentu
merasakan ketidak nyamanan ketika kekurangan cairan, jadi cukupi kebutuhan cairan
Anda sekarang. Caranya dengan mengkonsumsi air putih setidaknya 1,5 liter/hari,
maksimal 5% dari berat badan Anda.

Berikut merupakan salah satu contoh iklan Aqua :








3.   Frisian flag



PT Frisian Flag Indonesia (FFI) adalah produsen produk-produk nutrisi berbasis susu untuk anak-anak di Indonesia dengan merek Frisian Flag, yang juga dikenal sebagai Susu Bendera. Frisian Flag telah menjadi bagian dari pertumbuhan keluarga Indonesia selama lebih dari 95 tahun. Selama itu pula, Frisian Flag selalu memberikan komitmennya untuk terus berkontribusi membantu anak-anak Indonesia meraih potensinya yang tertinggi, melalui produk-produk bernutrisi tepat.
Frisian flag ini memasarkan produknya melalui iklan di televisi untuk mempengaruhi konsumen agar membeli produk frisian flag ini.

Berikut merupakan salah satu contoh iklan frisian flag :






Sumber :

Aqua
http://bejanakehidupan.com/aqua-kembali-hadirkan-iklan-kreatif-dan-mengedukasi/
http://sarinnisar.blogspot.co.id/2015/09/iklan-aqua.html
https://www.frisianflag.com/perusahaan-kami/tentang-kami


Tidak ada komentar:

Posting Komentar